Selamat Datang Di Blog Iyan Al-Balangi.Terima kasih telah berkunjung.

Label

Sunday, January 22, 2012

Just Thanks


For My Friends
Merapikan berkas dan buku-buku ini seperti menyusun kembali memori 4,5 tahun silam. Waktu mengantarkan kita bertemu dan waktu pula yang menarik kita berpisah. Hari ini kita di sini, entah nanti. Siklus kehidupan tak pernah berhenti membuat kisah.

Minggu ini di kos sendiri. Teman satu kos sudah pulang. Tinggal saya di sini mengingat beberapa tugas yang masih harus dirampungkan. Plannya, minggu ini dihabiskan untuk bersih-bersih kos dan masak.

Banyak sekali tumpukan buku dan berkas yang berserakan akibat ulah si skripsi kemarin. Semuanya harus dirapikan kembali. Ini penting mengingat saya sendiri seorang pelupa. All should be well organized to make me easy find everything. Klo nda, bakalan abut meneh.

Satu-persatu berkas dan buku-buku itu disusun dan dipilah. Tampak buku-buku dan copian dari beberapa semester, beberapa lembar jawaban middle dan final test yang sempat dibagikan oleh dosen, materi les, hingga data-data organisasi. Well, semua ini ternyata punya kenangan. Semuanya seolah menarik timeline dari sekarang hingga beberapa tahun silam. Tahun-tahun di mana masih duduk bersama di bangku kuliah. Tahun-tahun disibukkan oleh tugas, Dan tahun-tahun disibukkan oleh organisasi.


Tidak terasa 4,5 tahun sudah berlalu. Banyak hal yang telah merubah kita dari bagaimana awalnya kita berada di sini. Saya sendiri merasa akan begitu banyak kehilangan bila suatu saat harus meninggalkan Banjarmasin. Entah kemana takdir ini akan menuntun namun yang jelas kalian semua pernah ada dan tak akan terhapus oleh dari memori ini, sedikit ataupun banyak.

Masih ingat bagaimana awal kuliah? Canggung. Kita belum pernah mengenal   satu sama sekali. Seminggu, sebulan, setahun, semuanya cair dan chemistry antara kita terbentuk. Ada yang lucu, ada yang serius, ada yang pendiam, ada yang aneh, kalian itu komplit seperti gado-gado.

Masih ingat bagaimana waktu mengerjakan tugas kelompok? Ada yang rajin cari bahan, ada yang asyik bicara, dan ada yang tinggal tunggu beres. Apa pun itu, semuanya ternyata ngengenin waktu hal-hal itu tidak ada lagi.

Masih ingat waktu middle atau final test? Ada yang serius jawab sambil nutup lembar jawaban karna takut dicontek, ada yang berevolusi memanjangkan leher laiknya jerapah, nyari-nyari kesempatan buat buka catatan, dan ada juga yang mungkin menunggu hidayah kalau susah jawabnya. Semua kenangan itu seolah kembali menarik untuk diulang.
Masih ingat waktu kuliah? Kalau sedang maju makalah, ada aja yang suka nanya atau suka debat. Bikin susah temannya cari jawaban. Sebaliknya, ada juga yang sengaja duduk selalu dibelakang, cari aman. Ada yang suka menggambar di buku catatan kuliah. Ada yang suka ngobrol. Ada yang suka bikin catatan-catatan kecil di pinggir buku. Entah nulis puisi, kata-kata kangen, ngantuk, cape, bosan, atau sekadar nulis aku ingin pulang. Hhhh…semuanya itu kini tinggal kenangan.

Ada juga yang suka menghembus-hembuskan gosip panas. Si ini dengan si itu, si itu dengan si ini. Seiring waktu semuanya menemukan pilihan masing-masing. Ada yang benar dan ada yang salah, hingga ada yang menikah. Semua itu bumbu yang bikin pertemanan ini memiliki cita rasa tersendiri.

Sekarang semuanya berjalan menuju takdir masing-masing. Apapun itu, kita tetap English class A ’07. Bahkan sekarang ditambahkan “Familyhood.” Bedanya kita Ada yang sibuk dengan ujian skripsi, ada yang masih bergelut dengan skripsi, ada yang siap-siap buat seminar, dan ada yang masih menyelesaikan mata kuliah. Semangat buat kalian semua.

Dan data-data organasasi itu juga mengingatkanku pada kalian semua. Idealisme, bekerjasama, bikin program, begadang malam-malam buat persiapan acara. Semuanya begitu kuat dalam memori ini. Tentang bagaimana susah senangnya buat menyukseskan suatu acara. Kalian semua berarti. Bersama kalian, saya belajar banyak, kawan.

Materi-materi les ini, mengingatkan bahwa saya punya murid-murid. Thanks buat kalian yang sudah mengajarkan saya tentang bagaimana menjadi seorang guru.

Mungkin beberapa bulan lagi kita tidak bisa saling bertemu muka. Thanks buat semuanya. Thanks buat kawan-kawan di English Class A 07, thanks buat semua kawan-kawan organisasi, and thanks buat semua yang pernah jadi murid-murid saya.

No comments:

Post a Comment