Selamat Datang Di Blog Iyan Al-Balangi.Terima kasih telah berkunjung.

Label

Thursday, January 5, 2012

Sekilas Info


Warung Gado-Gado Masuk Koran

Prolog:
Hari ini kamis, 5 Januari 2011. Pagi-pagi dah dapat telpon buat menggantikan ngajar suatu SD. Well, awalnya sih oke-oke saja. Toh, saya dah punya pengalaman ngajar selama 3 bulan anak SD untuk kepentingan penelitian. Dan pengalaman menyatakan, nothing is bad. All is O.K as long as you can manage them.
Kata manage sengaja saya pertebal dan garis bawah buat menekankan betapa pentingnya bagian itu. Yups…yang namanya classroom management buat ngajar SD itu is the hardest part of teaching menurut saya. Okelah, materi ajar mudah, namun pengaturan agar siswa mau mendengarkan dan belajar adalah bagian yang membuat kita mesti bangga pada guru-guru SD.
Gak mudah lho ngatur 20-30 anak dalam satu kelas dengan karakter yang berbeda-beda. Ngajar bahasa Inggris lagi, bahasa di mana mereka sering get bored and bakalan ada kejadian seperti: Anak ditengah teriak-teriak, yang sudut kanan, uring-uringan, yang sudut kiri berlari-lari, dan bagian tengah di belakang bermain-main ato gangguin temannya. Berasa kaya ngatur penonton di stadium bola.
Well…tapi saya suka sama anak-anak. Honestly, mengajar mereka bikin saya menjadi lebih rileks dan merasa bagian dari diri mereka. Menurut saya sih, anak-anak tidak seharusnya diajar untuk menjadi seperti kita. Namun, kitalah yang harus memahami dunia mereka. Nah, kalo sudah begini, percayalah bahwa Anda tidak akan marah ketika melihat anak-anak sedang berlari-lari atau bermain dikelas. Bahkan, kitalah yang seharusnya mengerti bahwa disitulah kita harus memanfaatkan permainan sebagai bagian dari pembelajaran. Let them learning while playing.

Bagian Inti:
Akhirnya 2x30 menit selesai, rasanya hampir parau suara saya untuk menghabiskan 2 jam pelajaran. Ketika tiba di kantor dewan guru dan baca-baca koran sambil menikmati secangkir teh dan bakpao, eh ternyata ada foto berikut ini:

Ternyata blog saya yang bertitle “Warung Gado-Gado Iyan Albalangi” ini masuk Halte Blogger Banjarmasin Post, salah satu koran terbesar Kalimantan. Memang sih, kita gak dapat apa-apa. Tapi buat sekadar promosi dan perasaan senang ketika tulisan kita bakalan dibaca masyarakat luar pun sudah melunasi semuanya (meski tetapberharap.com).
Sebenarnya gak susah buat para blogger lain yang mau blognya ditampilkan di Halte Blogger Bpost yang ada tiap hari Kamis. Kalian cukup mengirimkan blog kalian ke redaksi@banjarmasinpost.co.id atau royan.naimi@gmail.com. Di sana disebutkan bahwa redaksi akan menyiarkan kisah-kisah perjalanan yang unik, menarik, dan inspiratif. Cukup mudah kan?
Postingan saya yang masuk kemarin adalah “Jomblongeness Vs Jomblo Beriman” yang bisa kalian baca di sini. Awalnya sebenarnya postingan yang dikirim adalah Cerpen “Bertemu Tuhan di Pekuburan “. Namun entah kenapa itu tidak masuk malah  yang saya tulis di malam tahun baru itu yang terpilih. But, after all, saya senang.
Epilog:
Istirahat selesai. Saatnya masuk dan mengajar kelas V. Bayangan saya, kelas ini akan lebih mudah diatur. Dan ternyata, saya salah.
Oya…ini foto yang saya kirim buat Halte Blogger BPost:
Dan ternyata, guru-guru lain gak percaya itu saya…NGeeeek

No comments:

Post a Comment