Masih malas nulis nih, hee. So, postingan kali ini masih seputar makalah dan lain-lain. Kali ini saya berikan gratis RPP mata Pelajaran Bahasa Arab. Semoga ini bermanfaat bagi Ibu/Bapak Guru ato mahasiswa Fakultas Keguruan yang lagi mau PPL. Untuk RPP lengkapnya silakan download DI SINI. (Catatan: RPP ini milik teman saya dari Jurusan Bahasa Arab)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
(menit)
|
|
GURU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
· Guru memulai
pelajaran dengan mengkondisikan kelas untuk proses belajar mengajar
· Berdo’a,
· Penjelasan tentang Tujuan Pembelajaran yang ingin
dicapai.
· Melakukan presensi dan persepsi
|
Kegiatan
Awal
· Mengikuti instruksi guru
· Berdo’a
· Menyimak penjelasan tentang Tujuan Pembelajaran
yang ingin dicapai.
· Menyimak
|
15
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Memperdengarkan lafaz teks melalui media audio .
b.
Membagi siswa dalam beberapa kelompok.
c.
Memeriksa pemahaman siswa dengan
meminta siswa menanyakan beberapa kata dari teks yang belum dimengerti.
d.
Meminta kelompok lain untuk
menjawabkan pertanyaan dari kelompok lain.
e.
Memberikan latihan.
f.
Evaluasi.
|
Kegiatan
Inti
a. Mendengarkan teks dengan seksama.
b. Mengulang kalimat yang dibacakan secara individual
atau kelompok.
c. Bertanya atau menjawab pertanyaan temannya yang
lain.
d.
Mengerjakan
tugas atau latihan yang diberikan.
|
60
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
· Memberikan arahan
dalam pengambilan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
· Penilaian
|
Kegiatan Akhir
· Siswa mengambil kesimpulan dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan.
· Penilaian
|
15
|
Bahan/Sumber/Media
|
:
|
§
Sumber/ Bahan
1.
Buku Terampil Berbahasa Arab I untuk Kelas X Madrasah Aliyah terbitan PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri, Solo.
2.
Kamus Bahasa Arab
§
Media
1. Caption
2. Salon
3. Laptop
4. Spidol
5. Penghapus
6. White Board
7. Buku
|
Penilaian
|
:
|
Jenis Tagihan· Tugas individuBentuk instrumen· Tes ObyektifInstrumen (terlampir) |
Penskoran
|
:
|
Pada tadribat 1, setiap soal mempunyai
bobot 5 x 20 = 100.
Pada tadribat 2, setiap soal mempunyai
bobot 5 x 20 = 100.
Tadribat 1 + Tadribat 2 = nilai
2
Adapun untuk menentukan penskoran ini dengan menggunakan rumus
S=T (skor=true)
|
Banjarmasin,
28 September 2011
|
|
Menyetujui
Guru
Pamong B.Arab
|
Praktikan
PPL II
|
تدريب
على الاستماع
أ.
أجب عن الأسئلة
الآتية!
1.
هَلْ لِفَرِيْدٍ
أَخٌ وَ أُخْتٌ؟
2.
أَيْنَ
تَتَعَلَّمُ أُخْتُ فَرِيْدٍ؟
3.
أَيْنَ يَذْهَبُ
أَبُوْ فَرِيْدٍ كُلَّ صَبَاحٍ؟
4.
مَتَى يَذْهَبُ
أَخُوْ فَرِيْدٍ إِلَى الْجَامِعَةِ؟
5.
هَلْ أُمُّ
فَرِيْدٍ مُدَرِّسَة؟
ب.
أكمل ما يأتى!
1.
فَرِيْدٌ لَهُ
أَبٌ وَ . . . .، وَلَهُ . . . . وَأُخْتٌ.
2.
أَبِى
مُوَظَّفٌ . . . .، وَأُمِّى . . . .
3.
فَرِيْدٌ . . .
. فِى الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
4.
أَخِى طَالِبٌ
فِى . . . . الْإِسْلَامِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ.
5.
أَبِى يَذْهَبُ
إِلَى . . . . كُلَّ صَبَاحٍ
الإجابة
أ.
1
. نَعَمْ
لِفَرِيْدٍ أَخٌ وَ أُخْتٌ
2 . تَتَعَلَّمُ
فِي المدْرَسَةِ المُتَوَسِّطَةِ
3 . يَذْهَبُ
كُلَّ صَبَاحٍ إِلَى الإِدَارَةِ
4 . يَذْهَبُ إِلَى
الجَامِعَةِ فِى الصَّبَاحِ
5 . نَعَمْ، هِيَ
مُدَرِّسَةٌ
ب.
1. أُمٌّ، أَخٌ
2. حُكُوْمِيٌّ، مُدَرِّسَةٌ
3. طَالِبٌ
4. الجَامِعَةِ
5. الإِدَارَةِ
الاستماع
استمع
ما يلى!
حياة
العائلة
اسمي
فريد، لي أب و أمّ، و لي أخ و أخت.
أبي
موظف حكومي، و أمّي مدرّسة.
أنا
طالب فى المدرسة الثانوية الإسلامية.
أخي
طالب فى الجامعة الإسلامية الحكومية.
أختي
طالبة الصف الثالث فى المدرسة المتوسطة الإسلامية.
كل صباح، أبي يذهب إلى الإدارة، أمي تذهب إلى
المدرسة، أخي يذهب إلى الجامعة، أنا و أختي نذهب إلى المدرسة.
No comments:
Post a Comment