Selamat Datang Di Blog Iyan Al-Balangi.Terima kasih telah berkunjung.

Label

Friday, May 25, 2012

Sharing


Penyalahgunaan Internet;
Kerjasama Semua Pihak
Picture was copied from http://dharmalamajid.multiply.com/journal?&page_start=80
Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan internet telah memberikan begitu banyak kemudahan bagi kehidupan kita sekarang. Salah satu contohnya adalah keberadaan Mbah Google yang sudah seperti orang pintar yang serba tahu. Hanya dengan mengetikkan keyword dari yang ingin kita tahu maka dalam hitungan detik Google telah menyediakan bukan hanya satu namun ribuan data yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.
Meskipun demikian, juga harus diakui bahwa kemudahan yang diberikan internet bukan hanya dalam hal positif namun juga negatif. Data baik visual maupun audio visual yang tersedia bisa diakses oleh siapa pun. Padahal dari jutaan bahkan milyaran data tersebut tentu saja termasuk konten-konten negatif yang berakibat buruk terhadap bagi si pengakses. Ancaman negatif tersebut semakin rawan karena kemudahan akses internet sekarang ini bukan hanya bisa melalui warnet namun juga modem dan ponsel yang sifatnya lebih pribadi.

Menyikapi bahaya tersebut maka sangatlah penting penanaman moral dan agama bagi tiap individu sejak dini. Keluarga dan lembaga pendidikan sangat berperan dalam hal ini. Kemudian Pengenalan internet harus dibarengi dengan pendidikan internet sehat. Hal ini perlu dikarenakan filter dari dalam si individulah yang merupakan faktor terpenting dalam menyiasati dampak penyalahgunaan internet.
Selain itu, kita juga berharap bahwa pemerintah bersikap tegas dalam hal ini. Pemblokiran meski terus dilakukan terhadap situs-situs dengan konten negatif atau yang mengandung iklan yang mengarahkan si pengunjung terhadap situs negatif tersebut. Di lain pihak, para provider telekomonikasi diharapkan juga turut berperan serta dalam usaha ini.
Terakhir, rusaknya generasi akibat penyalahgunaan internet adalah ancaman bagi kita semua. Maka untuk mengatasinya juga diperlukan kerjasama dari kita semua.

No comments:

Post a Comment