Selamat Datang Di Blog Iyan Al-Balangi.Terima kasih telah berkunjung.

Label

Sunday, October 7, 2012

Peliharaanku


Ponijah dan Paijo

            Sekarang aku punya peliharaan baru. Namanya Ponijah, kelinci betina berbulu lebat. Aku baru membelinya seminggu yang lalu. Alhamdulillah Ponijah hingga kini masih sehat dan sudah mulai gemuk. Senang.

            Sebagai makhluk yang diciptakan berpasang-pasangan, pastinya dia memerlukan seekor pejantan. Nah, jadinya aku kemarin beli lagi satu ekor. Sekarang namanya Paijo, berbeda dengan Ponijah, bulunya agak pendek namun klo dielus lebih lembut. Mereka memang sengaja kupilih dari jenis yang berbeda. Harapannya, kelak kalo mereka kawin nanti punya anak berbulu lebat dan lembut. J
            Ponijah dan Paijo agak berbeda. Pojinah sangat jinak. Dia suka mendekat kepadaku waktu memberi makanan. Sebaliknya dengan Paijo, dia lebih menjaga jarak dengan siapa pun. Kurasa ini karena kesalahan waktu melepasnya kemarin. Ponijah sebelumnya berada dikandang lebih lama dan terbiasa makan-makanannya dari tanganku. Sementara Paijo, dia kulepas setelah tak lama dibeli dari pasar. Oya, aku melepas meraka ditempat jemuran yang ada di lantai atas kosku. Tempatnya luas dan juga ada atap buat meraka bernaung. Udaranya juga segar karena berada ditempat terbuka. Semoga merasa merasa senang berada di sana dan tidak merasa terkurung.
            Untuk masalah pakan, biasanya aku memberikan mereka berupa sayur seperti kangkung, bayam, dan wortel. Kadang juga diselingi buah seperti semangka, papaya, dan melon. Namun, akhir-akhir ini sepertinya Ponijah dan Paijo mulai pemilih. Paijo lebih suka wortel sementara Ponijah lebih suka kangkung. Kalau wortel sih gak apa-apa. Cuma kangkung, menurut referensi dari mbah Google yang kubaca, tidak terlalu bagus untuk kelinci. Apalagi kencingnya si Ponijah memang benar-benar pesing bila kebanyakan makan kangkung. Tapi ya mau bagaimana lagi, dia sukanya itu. Sayuran lain tidak dimakan. (Ijah…Ijah, kamu kan betina, jaga penampilan dikit donk. Masa pas dekat-deket Paijo kamu nanti bau pesing).
            Bagiku Ponijah dan Paijo memberikan kesenangan tersendiri. Menurutku memiliki peliharaan itu menyenangkan. At least, kita merasa senang ketika melihat mereka tumbuh, bermain, apalagi bila sampai berkembang biak. Namun, juga harus diakui di sisi lain, kita harus menyiapkan extra budget buat pengeluaran bulanan dan agak susah kalo mereka sedang sakit atau bahkan sedih jika peliharaan kita itu mati. Tapi bukankah selalu begitu, kita harus berkorban untuk sesuatu yang kita cintai dan merasa siap untuk segala resiko yang akan datang pada kita.

1 comment: